Sunday, June 3, 2012

PRIA VS WANITA: Perbedaan Persepsi Indera (Part.1)


Seperti yang kita ketahui, bahwa pria cenderung menggunakan logikanya, sedangkan wanita cenderung menggunakan emosi dan perasaan.  Pria dan wanita memiliki panca indera yang sama, tetapi tahukah Anda bahwa persepsi tersebut dapat berbeda-beda?
Yuk, kita telisik, Apa saja sih yang menjadi perbedaan persepsi indera antara pria dan wanita?



Wanita sebagai Radar Pendeteksi

        Seorang wanita dapat mengetahui dengan jelas saat seseorang sedang marah atau terluka hatinya, sedangkan pria biasanya membutuhkan fakta fisik, seperti air mata atau luapan kemarahan.  Mengapa? Wanita memiliki "instuisi wanita" yang merupakan sebuah kemampuan mereka untuk melihat hal-hal kecil dan perubahan dari penampilan atau perilaku orang lain.
        Seorang ahli neuropsikologi dari Universitas Pennsylvania meneliti bahwa dalam keadaan istirahat, 70% dari kegiatan elektrik otak pria cenderung berhenti, sementara pada otak wanita, 90% kegiatan elektrik hampir sama pada saat istirahat maupun tidak beristirahat.  Hal itu menyebabkan otak wanita terus menerus menerima informasi dari sekitarnya.  So, Girls.. Tahu kan sekarang, kenapa pria suka nggak peka?

Ketajaman Mata

        Pada bagian belakang retina mata, terdapat 130 juta sel fotoreseptor yang berbentuk batang, yang berfungsi menangkap warna hitam dan putih.  Selain itu, ada juga 7 juta sel fotoreseptor yang berbentuk kerucut, yang berfungsi menangkap warna-warna lain.  Wanita memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya punya satu, yang menyebabkan sel-sel kerucut wanita lebih banyak dari pria.  hal itu membuat wanita dapat menjelaskan warna dengan lebih rinci.  Seorang pria hanya akan menggunakan warna dasar, merah, biru, hijau, sementara wanita bisa bicara merah maroon, merah bata, biru toska, biru laut, putih tulang, dsb.  So, Girls.. Mungkin ini bisa menjelaskan kenapa wanita cenderung repot kalau memilih baju.

Antara Pria dan "Curi-curi Pandang"

        Girls, ingat-ingat lagi. Pernah nggak kalian memergoki atau sekedar mencurigai pasangan kalian CCP sama cewek cantik yang duduk di depan meja kalian waktu lagi dinner? (CCP bukan berarti selingkuh, kan?) Sekarang, ingat-ingat lagi, pernah nggak kalian dipergoki atau dicurigai sama pasangan waktu lagi CCP sama cowok ganteng yang lewat? Sekarang, dibandingkan, siapa yang lebih sering kepergok?
        Fenomena seperti itu merupakan pengaruh dari perbedaan jangkauan penglihatan pria dan wanita.  Wanita umumnya memiliki jangkauan penglihatan yang melebar, seperti kaca spion (sekitar 180 derajat), sedangkan jangkauan mata pria sempit, seperti terowongan.  Hal ini bisa disebabkan oleh adaptasi.  Pada dasarnya, pria adalah seorang pemburu, ia hanya memerlukan penglihatan yang memungkinkan dirinya membidik hewan buruannya, bahkan menyempitkan lagi pandangannya supaya tidak ada yang mengalihkan perhatiannya dari hewan buruannya.  Sementara wanita, memerlukan pandangan yang melebar untuk mengamankan rumahnya dari hewan buas yang mungkin menyelinap.
        Boys, makanya jangan pernah CCP sama cewek lain di depan pasangan kalian, pasti ketahuan.  Meskipun gitu, Girls, jangan juga sedikit-sedikit kalian curiga kalau pasangan kalian CCP yah.

(bersambung...)


Sumber:
Pease, A & B. Pease. 2008. Why men don't listen and women can't read maps. Ufuk Press, Jakarta: xv + 405 hlm.

No comments:

Post a Comment