Wednesday, June 6, 2012

SEHAT DAN LANGSING DENGAN PISANG

        Morning Banana Diet, metode diet yang diperkenalkan oleh Hitoshi Watanabe di Jepang.  Konon, pelaku diet ini dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat dengan cara yang tidak menyiksa. Diet ini hanya dilakukan dengan mengonsumsi pisang dan air putih hangat di pagi hari.  Saat siang dan malam hari, kita boleh makan apapun, ngemil juga diperbolehkan. Namun, hanya satu. Tidak boleh makan di atas jam delapan malam. Selain itu makanan yang berasal dari olahan susu dan alkohol tidak diperbolehkan.  Dessert setelah makan malam tidak boleh, serta makanan manis hanya diperbolehkan siang hari. Tentu saja ini sangat aneh, pelaku diet tidak memerlukan olahraga dalam metode diet ini.



        Pisang memang sering dikonsumsi karena rasanya yang enak dan juga mengenyangkan. Bagi wanita yang sedang diet, pisang hampir selalu tersedia di atas meja makan mereka. Namun, selain sebagai dessert dan menu diet, pisang juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan loh..

Diagram di atas menunjukkan persentase nilai harian yang terkandung dari sebuah pisang, yang baik bagi kesehatan.


Perlindungan Pembuluh Jantung oleh Potasium dan Serat
        Pisang adalah salah satu sumber potasium (ion K), mineral esensial yang berfungsi mempertahankan tekanan darah normal dan fungsi jantung.  Dengan mengonsumsi sebuah pisang per hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan melawan atherosclerosis

Pencegahan Luka Lambung
Pisang telah lama dikenal karena efek antasida yang terkandung untuk mencegah ulkus (luka) lambung. Penelitian mengatakan bahwa campuran pisang dan susu dapat menekan sekresi asam lambung. Pisang bekerja mencegah ulkus dengan dua cara:
1.  Senyawa yang terkandung dalam pisang membantu mengaktivasi sel-sel penyusun lambung, sehingga sel-sel lambung akan membentuk sel mukosa pelindung yang lebih tebal untuk melindungi lambung dari asam lambung.
2.  Kandungan lain dalam pisang, yang disebut protease inhibitor, membantu membasmi bakteri lambung yang diduga sebagai penyebab utama dari luka lambung.

Melindungi Mata
Sebuah studi yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology mengindikasikan bahwa mengonsumsi 3 buah per hari dapat menurunkan risiko degenerasi penglihatan yang dikenal dengan age-related macular degeneration (ARMD), yang merupakan penyebab utama penurunan daya penglihatan pada usia dewasa.

Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar
Pisang sangat kaya akan fructooligosaccharide, yaitu suatu senyawa yang disebut prebiotik. Senyawa tersebut memperkaya bakteri probiotik (bakteri baik) yang ada di usus besar. Bakteri tersebut memproduksi vitamin dan enzim pencernaan yang meningkatkan kemampuan usus menyerap nutrien, serta memproduksi senyawa yang melindungi usus dari mikroorganisme merugikan. Saat fructooligosaccharide difermentasi oleh bakteri probiotik, kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium bertambah. Selain itu, waktu transit gastrointestinal akan berkurang sehingga menurunkan risiko kanker usus besar

So, begitu banyak manfaat dari mengonsumsi sebuah pisang perhari, selain sehat, tubuh pun bisa langsing. Ayo, sediakan pisang di meja makan Anda!

Sumber:
http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=7

No comments:

Post a Comment