Wednesday, September 12, 2012

Yang Istimewa di 12 September 2012!!

Hello, guys..
Selamat Hari Kesehatan Gigi Nasional 12 September 2012!



Hayo, siapa yang masih malas menyikat gigi sebelum tidur?

Seperti yang telah dilansir di Kompas.com, menyikat gigi sebaiknya dilakukan 2x sehari.  Saat pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur.  Akan tetapi, sebagian besar orang malas menyikat gigi sebelum tidur.

Menurut Ketua Umum PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Zaura Rini Anggraeni, menyikat gigi di sebelum tidur sangatlah penting.  Perkembangbiakan kuman meningkat dua kali lebih tinggi pada malam hari. "Kuman akan mengeluarkan asam di malam hari lebih banyak.  Kuman beraksi lebih tinggi karena air liur saat malam berkurang," ujarnya dalam konferensi pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2012 di Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Berdasarkan penelitian, penyebab infeksi pada gigi berlubang serupa dengan bakteri penyebab infeksi katup jantung.  Gigi yang terinfeksi akan mengeluarkan gas, dan jika terus didiamkan bakteri yang berada di dalamnya, yaitu Streptococcus akan bergerak mengikuti aliran darah.  Bakteri ini berhenti di daerah yang disukainya, seperti jantung, ginjal atau paru-paru.

Jangan lupa periksakan gigimu ke dokter gigi 6 bulan sekali.. :)

Referensi:

http://health.kompas.com/read/2012/09/06/07474416/Absen.Sikat.Gigi.Malam.Hari.Suburkan.Kuman

No comments:

Post a Comment