Tuesday, April 26, 2016

[My Wedding Preparation] Venue -- Kelapa Gading



Halloo para capeeng.. Adakah yang lagi cari-cari venue? Saya mau share tentang pengalaman saya mencari gedung pernikahan nih..



Persiapan resepsi pernikahan nomor 1 adalah mencari venue. Kedua keluarga sudah setuju bahwa tanggal pernikahan kami jatuh pada bulan September 2016, yang mana sudah lima bulan lagi yaa setelah lamaran kami bulan April 2016.. Duh, antara seneng tapi takut. Seneng cepet nikah, tapi takut nggak dapet gedung. Hasil rundingan eluarga saya dan calon suami, muncul lah dua tanggal di bulan September. Tanggalnya sudah nggak bisa dinego, harus diantara kedua tanggal itu karena kesibukan urusan masing-masing anggota keluarga. Kebayang kan pusingnya? Udah tinggal lima bulan lagi, tanggal juga udah nggak bisa dinego.

Sebelumnya, baca dulu ya apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan gedung pernikahan. Klik di sini yaaa..

Akhirnya saya dan calon suami mencari-cari gedung yang sekiranya tidak banyak diminati para capeng. Gedung-gedung sekitaran Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur pun menjadi incaran kami. Kami mulai mencari gedung dari yang dekat rumah saya dulu.


#1. Aula Masjid Al-Barkah Kelapa Gading

Aula masjid dekat rumah pun kami sambangi, dan kami jadi kan opsi terakhir sekiranya pahit-pahitnya kami nggak dapat gedung. Sebelumnya, pernah ada teman saya yang melangsungkan pernikahannya di sini, jadi saya sudah ada sedikit bayangan. Masjid ini terletak di dalam komplek TNI AL Kodamar Kelapa Gading Barat. Area parkir di masjid ini sangaaaat luas, jadi nggak usah khawatir tamu susah parkir. Untuk melakukan resepsi ini, kita dikenakan sewa ruang serbaguna, ruang rias, dan selasar masjid sebesar 4 juta rupiah. Lumayan murah kan? dan lagi, charge katering hanya 300 ribu. 

Ruang serbaguna
Nah, keliatan kan ya betapa sempitnya ruang serbagunanya ini, ada AC-nya sih. Di masjid ini disediakan gebyok juga, kalau mau pakai gebyok dari masjid. Kalau dari vendor dekor pun tidak apa-apa. Biasanya ruang serbaguna ini dialih fungsikan untuk ruang VIP, sementara gebyok pelaminannya ada di selasar masjid.

Selasar masjid
Selagi tidak ada acara resepsi pernikahan, selasar masjid ini digunakan sebagai area parkir motor. Tapi kalau udah disulap oleh tim dekor, area ini jadi baguuuus sekali. 


Selasar masjid yang sudah di dekor. (Sumber)

Gebyok

Tuuuh, bagus kaaan jadinyaaa.. Berasa kayak di gedung. Tapi balik lagi ya, ini kan masjid. Jadi untuk hiburannya harus sopan, paling pakai lagu-lagu nasyid.

Okay, next venue....

#2. Gading Marina

Ini gedung dekat banget sama rumah saya, cuman 3 menit kalau naik motor. Letak persisnya di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading Barat, persis di seberang Lotte Mart. Saya pernah kondangan di sini dan gedungnya wooow. Dari luar sih penampilannya biasa aja. Tapi di dalemnya full carpet. Akhirnya saya coba mengunjungi websitenya di sini

(Sumber)


#3. Balai Samudera

Balai Samudera ini letaknya nggak jauh dari Gading Marina, letak persisnya di seberang Mall of Indonesia (MOI). Bagus banget dalemnya. Mama sering ke sini kalau ada acara dari TNI AL. Akhirnya saya berkunjung ke websitenya di sini. Ruangannya namanya Grand Ballroom. Denger namanya aja udah serem yah. Full carpet, kapasitas 3000 orang. DP awal minimal 10 juta. Setelah DP ini, tanggal masih bisa berganti-ganti. Tiga bulan kemudian membayar 25 juta sebagai bukti bahwa tanggalnya sudah fix.

(Sumber)

(Sumber)

Cucok lah yaaa namanya Grand Ballroom, wong ruangannya aja mewah begitu. Hihihi.


#4. Masjid Al-Musyawaroh Kelapa Gading

Masjid ini letaknya di sebelah Mall Kelapa Gading. Area parkirnya lumayan luas. Aulanya juga luaaas banget. Kapasitasnya 2000 orang. Namun, aulanya bukan seperti gedung, melainkan seperti pendopo. Saya pernah menghadiri pernikahan teman di sini. Hasil pengamatan saya sih, dengan kapasitas 2000 orang positifnya kita bisa mengundang orang banyak-banyak. Namun, negatifnya apa bila jumlah orang yang kita undang tidak banyak, maka ruangan akan terlihat kosong. Selain itu, untuk dekorasinya, kalau mau bagus ya dekorasinya full, tapi pasti kena charge lagi. Kalau dekorasinya tidak full, ruangannya akan terasa kosong.

(Sumber)
(Sumber)


Menurut info yang saya baca dari blog Evitamelia, pihak pengelola gedung baru akan memberikan brosur rekanan katering setelah kita DP. Whaat? Kalau ternyata kita tidak cocok sama kateringnya baik di kantong maupun di rasa makanannya, gimana? Akhirnya aula ini kami coret dari daftar.


Okeeeey, sekian dulu posting tentang venue part A di Kelapa Gading. Selanjutnya, saya akan share tentang venue di daerah Sunter. Lihat di sini yaa..

Para capeng sekalian bisa mengunjungi halaman "Wedding Preparation Navigaton" yang berisikan link-link terkait postingan saya tentang semua hal untuk mempersiapkan nikah supaya tidak tersesat di blog ini.


2 comments:

  1. halo salam kenal:)

    Saya Sisca dari Aorora Catering & Wedding Service, rekanan dari Masjid Raya Almusyawarah Kelapa Gading, Apabila ada teman teman yang berminat mengadakan resepsi di Masjid raya Almusyawarah ini boleh menghubungi saya di 0857-8052-4222 , insayallah saya bisa membantu teman teman dalam pencarian paket wedding dengan harga sesuai budget.... ditunggu yaaaa chating nya,.. :)

    Salam,

    Sisca - Aorora Catering & Wedding Service

    IG : sisca_marketing_aororacatering, aororacatering
    Web : www.aororacatering.co.id
    Facebook : Aorora catering & wedding service

    ReplyDelete
  2. Hi Bride's & Groom to be, udah tau belum klo Balai Sudirman sekarang udah all in package lhoo! bagi yang ingin melangsungkan pernikahan dan tidak perlu repot-repot cari vendor kesana kemari, boleh dong hubungin marketing HIS Balai Sudirman & kamu akan dibantu oleh wedding consultant dari HIS untuk mewujudkan wedding impian kalian.
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS Balai Sudirman, siapa sih yg enggak tau gedung nan keceh ini. Packagenya udah include :

    – Gedung
    – Dekorasi
    – Catering for 1000 pax
    – Rias & Busana atau Bridal
    – Entertainment
    – Photography,
    – WO 12 orang


    Marii konsultasikan dengan marketing HIS Venue & WO by HIS Balai Sudirman : 0812-180-66-818

    ReplyDelete