Monday, April 25, 2016

[My Wedding Preparation] Introduction

Yeaaaay! 
Akhirnya kita tiba di persiapan pernikahaaaan. 
Setelah melalui tahap budgeting yang lumayan bikin pusing, kita lalu memulai persiapan yang sesungguhnya. Mungkin ada yang belum kepikiran atau belum terbayang, apa saja sih yang mesti disiapin? Yuk kita simak.


Yang mau baca tentang poin-poin yang penting dalam budgeting ini, silakan baca di sini.

Yuk kita mulaaaii...

#1. Venue
Nomor satu yang perlu kita persiapkan adalah TKP. Mau di rumah atau di gedung, bisa mampir dulu ke sini. Di situ sudah saya uraikan kira-kira plus minusnya di rumah dan di gedung. Pemilihan tempat resepsi sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan budget yang ada. Untuk melihat apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih gedung, bisa dibaca di sini.
Berikut gedung-gedung yang sudah saya survei:


#2. Katering
Wah, ini nih. Yang penting banget di acara resepsi. Kalau katering kurang enak, kita bakal nggak enak juga sama tamu. Untuk katering ini, biasanya dia akan hitung per porsi. Misalnya 800 porsi, itu artinya jumlah tamu yang bisa kita undang hanya 400 undangan (dengan asumsi satu undangan, yang hadir adalah 2 orang). Dalam resepsi, biasanya ada buffe utama dan beberapa makanan pondokan. Perlu diingat juga yah, bahwa yang akan makan di hari istimewa kita bukan hanya tamu undangan, tapi juga keluarga kita. So, porsinya dihitung juga untuk keluarga.

Vendor katering yang saya survei adalah Chikal Primarasa.

#3. Dekorasi
Dekorasi ini terkait dengan nuansa yang akan kita pakai. Misalnya mau menggunakan nuansa adat Jawa, maka dekorasinya akan dibuat agak ke-Jawa-Jawaan, atau mau menggunakan nuansa adat Padang, maka dekorasinya akan menggunakan bagonjong. Dekorasi ini meliputi dekorasi pelaminan atau gebyok, dekorasi meja buffe utama, VIP, dan pondokan, karpet jalan, standing flower, meja penerima tamu, galeri prewedding, daaaan lain-lain. 

#4. Rias dan busana
Ini juga nggak kalah penting yaa. Buat bride to be mah ini nomor satu yah. Bayangin aja, gedungnya udah cakep, dekorasinya udah ciamik, kalau riasnya blang-bentong yaaa jangan lah ya. Nikah kan InsyaAllah untuk sekali seumur hidup, kalau bisa ya riasannya yang bagus, biar kita bisa tampil cantik di hari istimewa. Kalau untuk busana, kita nggak perlu beli baru. Kita bisa saja sewa ke sanggar. Biasanya sanggar yang menyewakan busana resepsi juga sekalian menyewakan jasa wedding make up. Nah untuk rias dan busana ini bukan hanya buat pengantinnya aja yah, tapi juga buat orang tua kita, among tamu, penerima tamu, dan juga keluarga (kalau perlu).

Untuk rias ini, sebenarnya sudah termasuk paketan dari Chikal Primarasa. Namun, saya memilih untuk menggunakan riasan terpisah yang bukan dari Chikal. Rias baik akad maupun resepsi, saya percayakan pada mbak Nabilah Alhabsyi, yang merupakan seorang professional make up artist.

#5. Dokumentasi
Ini juga ga kalah penting. Semua mah penting intinya. Di hari spesial kita, kita butuh fotografer dan videografer yang hasil shoot-nya oke dong pastinya. Foto-foto dan video ini kelak bakal jadi memori kita nanti. Bisa dinikmati oleh anak-anak kita nanti. Biasanya dipaket dokumentasi ini sudah termasuk studio mini untuk si pengantin difoto-foto dengan pose-pose aduhai.

Berhubung saya mengambil paket pernikahan lengkap, untuk dekorasi, rias-busana, dan dokumentasi, sudah termasuk ke dalam paket pernikahan Chikal Primarasa.

#6. Cincin Nikah, mahar, dan seserahan.
Hunting cincin nikah ini adalah hal yang menyenangkan menurut saya. Bagi calon pengantin wanita, biasanya kita diminta oleh calon suaminya untuk menentukan mahar yang diinginkan. Setelah itu, biasanya menjelang lamaran atau akad, para capeng akan berbelanja seserahan.


#7. Undangan
Bagi yang ingin menekan budget, saran saya tekan lah di budget undangan. Sebisa mungkin teman-teman kita tidak perlu diberikan undangan fisik, bisa lewat WhatsApp atau Facebook Event. Mungkin untuk tamu-tamu orang tua kita masih menggunakan undangan fisik. Setelah itu, pilih lah undangan dengan desain elegan dan tidak mahal. Menurut saya sih, jarang banget orang yang bakal simpan undangan kita kalau acaranya sudah selesai. Jadi ya, kalau untuk dibuang saja sih, lebih baik jangan terlalu mahal-mahal.

#8. Souvenir
Kita harus memilih souvenir yang nantinya akan disimpan oleh tamu kita. Souvenir juga merupakan apresiasi kita loh, terhadap para tamu yang telah hadir. Berbeda dengan undangan, menurut saya untuk souvenir, mahal sedikit ya nggak apa-apa. Toh nanti akan disimpan. Jadi saya lebih rela budget undangan dipangkas untuk menambah budget souvenir.

#9. Susunan acara dan Susunan panitia
Tidak kalah penting, susunan acara. Untuk menjalankan acara, bentuklah panitia kecil, biasanya terdiri dari keluarga dan tetangga dekat. Susunan acara ini penting untuk ditaati, apalagi yang melakukan pernikahan di gedung. Kalau ngaret bisa gawat. Termasuk pula MC-nya juga perlu disediakan.

#10. Hiburan
Hiburan ini perlu supaya acara lebih meriah, tidak sepi-sepi amat. Usahakan cari penyanyi yang suaranya oke, dan wedding song listnya juga disesuaikan dengan tamu yang datang. Kalau kamu dan pasangan suka banget lagu korea, tapi kan masa iya hiburannya lagu korea. Hehehe.

#11. KUA dan penghulu
Lha ini, paling-paling pentiiiing. Ga jadi nikah cyiiin kalau ga ada pak penghulu. Sebaiknya persyaratan ke KUA ini diurus dari jauh hari. Bukan apa-apa, untuk mendapat seorang penghulu, kita mesti isi form ini itu dan minta surat pengantar ke sana-sini.

#12. Prewedding
Biasanya sih ini yang paling ditunggu-tunggu para capeng yaah. Ini mah nggak usah dijelasin kayaknya. Hehehe.

#13. Seragam 
Kalau bicara soal budgeting, budget untuk seragam tidak bisa dibilang murah juga. Biasanya yang diberi seragam selain keluarga adalah bridemaids dan juga panitia kecil yang akan mengurusi acara kita.

#14. Perlengkapan, dan lainnya
Misalnya, buku tamu, spidol, kotak angpau, daaaan lain-lain.

Tidak ada salahnya juga melirik vendor dengan paket lengkap dari mulai katering, dekorasi, rias dan busana, dokumentasi dan  hiburan. Alasan mengapa kita perlu mempertimbangkan untuk memakai paket all in one, bisa dicek di sini.

Nah demikiaaan, mudah-mudahan udah kebayang yah sekarang tentang apa aja yang disiapin. Kalau ada yang kurang-kurang, bisa ditambahin di komentar. See yaa!

Para capeng sekalian bisa mengunjungi halaman "Wedding Preparation Navigaton" yang berisikan link-link terkait postingan saya tentang semua hal untuk mempersiapkan nikah supaya tidak tersesat di blog ini. 


No comments:

Post a Comment