Wednesday, June 1, 2016

[My Wedding Preparation] Venue -- Jakarta Pusat (Graha Marinir)

Yeeeeaaay, sampailah di gedung terakhir. 
Sudah-sudah, saya sudahi pencarian gedung ini. Setelah mencari di Kelapa Gading, Sunter, Jakarta Timur (Graha Zeni dan Makodam UKI), gedung terakhir yang akan saya review adalah Gedung Graha Marinir.
Insya Allah gedung ini yang nantinya akan menjadi tempat berlangsungnya perjanjian berat kami, mitsaqon ghalizaa.. *ciyeeee*


Gedung Graha Marinir (Panti Perwira) ini berlokasi di Kwitang, tepatnya di Jalan Prapatan No. 40. Dekat dengan Tugu Tani. Aksesnya lumayan mudah, plus lokasinya yang di tengah-tengah Jakarta. Ini adalah gedung sejuta umat bagi warga komplek tempat tinggal saya. Sebagian besar orang-orang di sini melakukan pernikahan anak-anaknya di gedung ini. Sudah lah dekat rumah, ditambah gedung ini milik TNI AL, yang pastinya anggota TNI AL dapat diskon kalau mau sewa gedung ini. 

Saya buru-buru menghubungi pak Prayono (0813-1138-3392), dan menanyakan apakah masih kosong di tanggal yang saya mau. Alhamdulillaaaah, masih kosong. Siang pula. Harga sewa gedung untuk tahun 2016 adalah 13 juta rupiah. Kalau anggota TNI AL, tidak bisa TNI AD atau TNI AU, dapat diskon sebesar 25%. Waaah, gede bener diskonnya. Alhamdulillah kakak saya bekerja sebagai TNI AL, jadi ya dapat diskon. 


Gedung ini berkapasitas 1200 orang, dilengkapi dengan lapangan parkir yang luas sekali, kira-kira bisa menampung sekitar 200 mobil. Aman pasti, Insya Allah, karena di pintu gerbang di jaga oleh anggota Marinir. Ruang riasnya agak sempit. Beberapa orang bilang AC-nya kurang dingin di ruang rias. Tapi jangan khawatir. Di sebelah kanan gedung (disebelah kiri foto di atas), terpisah dari gedung, ada bangunan kecil yang berwarna putih. Itu adalah transit room, semacam ruang keluarga gitu. Kata bapak dan ibu camer yang sudah ke sana, itu sama seperti rumah. Gunanya adalah saat acara resepsi, barang-barang milik keluarga diletakkan di sana dan dikunci sehingga aman. Untuk menyewa transit room, dikenakan biaya 1 juta rupiah.

Dekor meja penerima tamu (Sumber)

Meja akad (Sumber)
Untuk kateringnya, saya sudah cek katering lirikan saya ternyata rekanan dengan gedung ini, alhamdulillaaahh.. Tapi, untuk katering rekanan pun ada charge-nya, yaitu 15%. Lumayan gede yah.. Selanjutnya ada charge akad nikah, 1 juta rupiah (apabila akad nikah di gedung). Charge parkir 500 ribu rupiah. Charge izin polisi (mereka yang urus, kita tinggal bayar), 150 ribu rupiah. Charge sound system, kalau kita bawa hiburan sendiri, terpisah dari paket lengkap. Kalau hiburan dari paket lengkap mah pihak paketnya yang bayar. Charge karpet, kalau pake karpet dari gedung. Berhubung saya pakai karpet dari tim dekor ya saya tidak usah bayar charge karpet.

Ini kanopi selamat datangnya bagus banget. (Sumber)
Ini kebanyakan tamu kayaknya (Sumber)


Lalu saya langsung cus untuk survei, kebetulan pas saya survey, teman saya sedang melangsungkan pernikahannya di gedung tersebut. Jadi saya bisa lihat langsung keadaannya saat acara dilangsungkan.


Catatan hasil survey:
Menurut saya, gedung ini sejuk (seharusnya), karena sudah disediakan 10 unit standing AC. Tapi sayangnya karena AC-nya berupa standing AC, aliran udara sejuknya tidak merata ke semua ruangan. Ditambah waktu saya survey di nikahan teman saya, itu tamunya banyaaaak banget sehingga terkesan sumpek. Padahal dekornya bagus. Tapi karena sumpek, banyak orang, dekornya jadi kurang mencolok. Ini buat semua gedung sih, bukan cuma Graha Marinir saja, alangkah baiknya kalau jumlah tamu undangan kita tidak nge-passssss banget sama kapasitas maksimal gedung. Misalnya, kapasitas 2000 orang ya undangannya 1500 orang gitu..

Yap sekian dulu yaa corat-coret saya tentang Graha Marinir. Post ini juga menutup pergulatan dengan venue. Selanjutnya kita muve on ya ke hunting cincin. See yaa!

Para capeng sekalian bisa mengunjungi halaman "Wedding Preparation Navigaton" yang berisikan link-link terkait postingan saya tentang semua hal untuk mempersiapkan nikah supaya tidak tersesat di blog ini. 

17 comments:

  1. Terima kasih untuk hasil survey kamu. Dan semoga lancar persiapannya ^^ Saya juga lagi ngelirik gedung ini soalnya..hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog saya. Saya senang kalau blog saya bermanfaat. Semoga lancar juga ya persiapannya. :)

      Delete
  2. Hi Memi Salsabila. Saya lagi iseng search tentang graha marinir, eh nemu blog ini. Pas liat foto2 di blog ini kayak familiar, eh ternyata ini foto2 pas di resepsi saya tanggal 10 april. haha

    Berarti waktu itu dateng ya ke resepsi saya? Thanks ya reviewnya, banyak sih yg bilang kalo tamunya rame jadi agak panas, padahal mah undangannya udah disesuaikan dengan kapasitas gedung. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Alfredo Pradikta. Kirain Herlien yang komen. Makasih ya sudah mampir ke blog saya. Saya datang waktu resepsi. Foto-foto di atas saya ambil dari facebook Herlien dan saya lampirkan sumbernya.

      Saat di resepsi Alfredo & Herlien, sekalian saya survei untuk gedungnya dan bertemu pak Prayono. Iya euy, agak panas di bagian yang dekat pintu masuknya, ga kena AC. Kalau di deket pelaminannya sih adem, enak. hehehe.

      Saya bingung juga bagaimana mengakali si standing AC ini supaya ademnya merata.

      Kalau memang jumlah undangan sudah disesuaikan berarti mungkin tamu-tamunya datang berbarengan kali ya jadi penuh. hehehe.

      Delete
  3. Nah, saran saya sih nanti minta tambah AC aja ke Pak Prayono. Kemaren juga saya udah tambah AC tapi tetep berasa gerah ya. haha

    Btw, kalo mau liat cuplikan acara resepsi di graha marinir bisa disini: https://www.youtube.com/watch?v=uAUoUriDKF8 hehe.

    Lancar2 ya sampai hari H, amin.

    ReplyDelete
  4. hii mba memii, boleh tau uda resepsi atau belum? soalnya aku jg mau pake graha marinir jd lg nyari reviewnya ^^.
    mba memi untuk berapa undangan ya? jadi tambah ac gk ya?

    Untuk Alfredo Pradikta, boleh tau kemarin berapa undangan? jd tambah ac berapa ya?

    Terima kasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba ..... mba siapa ya? Saya sudah resepsi mba, tapi belum menulis reviewnya. Hehehe. Saya kemarin 400 undangan saja mba. Tidak tambah AC, alhamdulillah tidak panas sih.

      Terima kasih ya sudah mampir ke blog saya.

      Delete
  5. Mba mau nanya ap sudah wedding di graha marinir? Soalnya aku jg ad rencana mau wedding dstu insya Allah tapi masih agak ragu soalnya dingin ap ga nya masalahnya aku 500 undangan mohon responnya ya mba makasii

    ReplyDelete
  6. Mba mau nanya ap sudah wedding di graha marinir? Soalnya aku jg ad rencana mau wedding dstu insya Allah tapi masih agak ragu soalnya dingin ap ga nya masalahnya aku 500 undangan mohon responnya ya mba makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mba Ananda. saya sudah resepsi di sana bulan September 2016. waktu itu tamu saya 400 undangan, tetapi agak lebih sedikit sih, karena teman-teman yang 1 undangan untuk 1 angkatan juga ada. Alhamdulillah setelah beberapa hari kemudian saya sempat bertanya-tanya ke teman-teman yang datang ke acara resepsi saya, ruangannya adem dan tidak panas.

      Saya tadinya sempat khawatir karena saya tidak pakai AC tambahan. Tapi alhamdulillah kalau adem kata tamu-tamunya.. Hhehee..

      Terima kasih sudah mampir di blog saya..

      Delete
  7. Hii mbak memi..bagi infonya dong..pak Prayono itu pengurus gedung langsung ,atau perantara ya mba,nanti pembayaran ke dia ya mba?this mba.keluarga saya mau pake Januari

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mba, mba maaf aku mau tanya kalau nikah di gedung graha marinir numpang nikahnya di kecamatan apa mba? Karena insya allah saya juga nikah di gedung tersebut mba. Terima kasih, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam kak. Ngurus numpang nikahnya di KUA Senen Kak.. Semoga lancar sampai hari H ya kak..

      Delete
  9. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon Japan 5D4N + Voucer Flight & Masih banyak lagi
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
  10. aku ada referensi nih, di Kuningan Jaksel ada gedung baru dan kualitasnya Grade A premium, ballroomnya luas dan ceilingnya tinggi, keren buat wedding. Paket nya udah all in, semua vendor nya udah tersedia tinggal dipilih aja, udah dapet WO pula, sumpah super praktis tinggal pilih dan tentuin konsep, kalopun yg kita mau ga sesuai sama paket standard ya bakal ada penyesuaiannya kok, pokonya tinggal diskusiin aja sama mereka hehe. enak deh pelayanannya jg ramah bgt. kalau ada yg mau tanya2 atau survey bs hubungi marketingnya aja nih kontaknya 089673793777 (Sely)

    ReplyDelete
  11. Ada yg udah tau belum klo di Gedung Lippo Kuningan Rasuna Said ada ballroom pernikahan yg baru? Dengan konsep milenial & fresh ballroom di tahun 2020. YUK intip venuenya, hubungin 081218066818. Ga bakal nyesel deh wedding di HIS Lippo Kuningan :)) harga? masih harga pre-launching lhoooo ;))

    ReplyDelete