Friday, April 7, 2017

[My Wedding Preparation] All about SE-RA-GAM! Kemana lagi kalau bukan FANCY di Pasar Mayestik

Assalammu'alaikum. Selamat malaaam...

Apa kabar para pejuang nikah? Semoga Allah melancarkan acara kalian semua yaa..

Yang lagi pusing.. yang lagi riweh ngurusin pernikahan. Tenang-tenang.. Ga semuanya tentang persiapan pernikahan itu bikin pusing kok.. Misalnya nih, apalagi kalau bukan belanja seragam!! Yaaah walaupun pusing pas berhadapan dengan mbak kasir, at least pas milih-milih bahannya seneng kaaaaan? Siapa yang ga seneng liat bahan bergulung-gulung banyak, cantik-cantik pulak.


(Sumber)

Pertama-tama, apa yang harus kita lakukan sebelum pergi ke toko kain? Yap betul! Kita harus membuat list siapa saja yang akan kita kasih bahan. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantu dalam membuat list.

  • Berapa budget yang kamu alokasikan untuk belanja seragamn?
  • Berapa kelompok orang yang akan kamu kasih seragam? Misalnya keluarga saya, keluarga cami, tetangga, bridesmaid, dll. Nah nantinya perkelompok pasti warna bahannya akan beda..
  • Apakah kamu akan memberikan bahan atas dan bahan bawah untuk setiap orangnya?
  • Berapa meter yang dibutuhkan rata-rata perorangnya?
  • Berapa jumlah orang yang akan kamu kasih seragam? Tulis beserta namanya ya..
  • Kira-kira bahannya mau jenis apa? Brukat atau kain batik? Satin atau balotelli?
Kalau udah terjawab, baru deh cus ke toko kain. Pertanyaan-pertanyaan di atas menurut saya penting untuk dijawab supaya kita ada bayangan sebelum pergi ke toko kain. Kita bisa kalap loh kalau ga ada rambu-rambu kebutuhan yang perlu kita beli.. 


Untuk tempatnyaaaa, kemana lagi kalau bukan ke FANCY di Pasar Mayestik. Ini rekomendasi dari sahabat-sahabat saya yang telah mendahului saya untuk menikah. Dibandingkan ke Tanah Abang, lebih bagus ke Fancy. Kenapa? 

  1. Karena di Fancy, kamu bisa menemukan semua jenis bahan, dalam satu toko aja! Kalau ke Tanah Abang, ini bahaya apabila kita nggak punya toko rekomendasi atau belum punya toko yang dituju. Alhasil kita bakal muter2 ga jelas di tanah abang, nyari toko-toko bahan. Dan belum tentu tokonya lengkap. Bisa jadi kita beli bahan A di toko A, bahan B di toko B. Aiiih, rempongss.. Kalau udah punya toko langganan bahan sih monggo yah.. 
  2. Belanja di Fancy adem loh, kalau di tanah abang bisa umpel2an.
  3. Di fancy harganya udah pas. Ga perlu khawatir dikibulin atau harganya ketinggian. Tapi menurut saya harganya juga ga terlalu mahal. Wajar lah. Ini pengalaman saya sendiri, beberapa hari setelah dari fancy, ada bahan yang kurang (cuma buat 2 orang). Males banget kalo kurang bahan buat 2 orang saja, saya mesti ke Fancy yang jauh dari rumah. Akhirnya saya memutuskan untuk beli bahan di ITC Cempaka Mas, di toko Sabatini. Saya beli kain batik dan balotelli. Nah balloteli ini, di Sabatini saya kena 60 ribu per meter, padahal di Fancy 40 ribu-an per meternya. Hiksss.. 

Anyway, saya juga ke Tanah Abang kok, tapi beli kemeja batik yang sudah jadi. Di Fancy sama cuma beli bahannya saja. Kalau perempuan sih enaknya dikasih bahan, biar modelnya bisa dibuat sesuai selera, ini beli di Fancy. Kalau untuk laki-laki biasanya diberikan baju yang sudah jadi, lebih enak sih kan bapak-bapak sukanya yang simpel. Model mah apaan aja boleh.. ehehehe. 

Kalau saya sih, kira-kira begini pembagian seragamnya berdasarkan susunan orangnya:

  1. Keluarga inti (CPP & CPW) : (untuk yang perempuan saja) brukat dan kain satin silk. Ini sama persis bahan dan modelnya antara keluarga inti dari saya dan dari calon suami. Karena untuk keluarga, dicari kualitas brukatnya yang bagus. Akhirnya saya jatuh cinta pada kain brukat warna softpink dan ada glitternya, harganya lupa antara 70rb atau 80rb/meter. Lalu satin velvet 42rb/meter. Untuk satu orang saya mengalokasikan brukat 2,5 m dan satin 2 m. Keluarga inti yang laki-lakinya akan disewakan demang dari Chikal Primarasa.
  2. Keluarga besar (CPP & CPW) : (untuk yang perempuan saja) brukat dan kain satin silk. Kalau untuk keluarga besar CPP & CPW, kami memilih kain yang 1 model tapi memiliki 2 warna. Jadi antara keluarga besar CPP dan CPW bisa dibedakan karena pakai warna yang beda. Brukat warna coklat-gold, satinnya cokelat tua (Keluarga besar CPP), brukat maroon-gold, satin merah (Keluarga besar CPW). Harga brukatnya 64rb/m, satin velvet 42rb/m. Untuk 1 orang saya alokasikan brukat 2,5 m, satin 2 m. Untuk bapak-bapaknya akan dibelikan kemeja batik di tanah abang. Ini juga dibedakan warnanya, tapi 1 model.
  3. Panitia (bukan bridesmaid yah) : (untuk yang perempuan saja) brukat dan kain satin silk. Panitia ini warnanya disamakan, panitia dari pihak CPP ataupun CPW. Kalau bajunya samaan kan asumsinya supaya lebih mudah berkoordinasi saat hari H. Mengingat tidak semua panitia saling mengenal. Brukat harganya 23rb/m, satin velvet 42rb/m. Alokasi per orang brukat 2 m, satin 2 m. Untuk bapak-bapaknya akan dibelikan kemeja batik di tanah abang.

Yah kira-kira itu deh yang dibeli untuk seragam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat mengurangi kebimbangan para capeng. Mengingat dulu saya juga pusing membuat daftar seragam..

Kalau mau lihat artikel saya yang lain terkait persiapan pernikahan, sok atuh di klik di halaman navigasi. Supaya nggak tersesat yaa.. xixixi

Oke, sampai jumpa di artikel selanjutnya..

Assalammu'alaikum..





1 comment:

  1. ka mau tanya beli kemeja batik untuk bapak2nya tanah abangnya di toko apa lantai brp yah ka

    ReplyDelete