Wednesday, April 19, 2017

[My Wedding Preparation] Hunting Suvenir: Alfiandra Souvenir VS Pasar Jatinegara

(Sumber)


Assalammu'alaikum..
Hellooo, it's me again.

Maaf ya, sudah lama tidak update soal persiapan pernikahan dikarenakan saya sibuk mengurus pernikahan di dunia nyata. Dan, sekarang saya sudah resmi menjabat sebagai istri dari suami saya. Hehehehe.

Okey, kita masih lanjut soal persiapan pernikahan yaa..

Para capeng bisa klik wedding preparation navigation buat lihat-lihat semua persiapan pernikahan saya.

Sekarang saya mau share tentang pengalaman hunting suvenir. Saya dan calon suami pengennya sih suvenir yang awet dan bisa dipakai sama para tamu. Agak lebih mahal sedikit juga lebih rela, ketimbang harus beli undangan yang mahal, tapi bakal dibuang.



Setelah berpikir-pikir, muncul lah beberapa opsi suvenir: gelas, mug, taplak meja, small pouch, dan tempat tissue.

Setelah launching ke ortu dan camer, beliau-beliau lebih setuju kalau pakai gelas atau mug. Akhirnya kami berunding menentukan karakteristik gelas yang akan dicari:

  1. Ukurannya besar (tidak terlalu kecil). Selama ini, saya dan cami kalau kondangan dan dapet suvenir gelas, itu pasti ukurannya kecil dan sedang. Sementara kalau kita minum kan enaknya gelas yang agak besar ya, bukan cangkir. Nah, kami berpendapat kalau gelas yang ukurannya agak besar, kemungkinan bisa dipakai untuk minum di rumah atau di kantor.
  2. Harus ada kupingnya. Banyak gelas-gelas lucu yang bentuknya panjang dan langsing. Lucu sih memang, tapi kalau untuk orang tua kurang cocok karena tidak berkuping jadi mudah jatuh.
  3. Emboss. Kenapa emboss? Saya sih berpikir ya kalau dikasih gelas suvenir dari orang trus saya mau pakai di rumah, apalagi di kantor pasti saya merasa risih kalau ada cat nama pengantinnya, apalagi kalau tulisannya besar. Setidaknya kalau gelasnya di emboss, cetakan namanya lebih tersamarkan dan membuat nyaman orang untuk memakainya. Yahh walaupun kalau di-emboss harga gelasnya jadi lebih mahal.
  4. Harganya terjangkau. Harga terjangkau sih tergantung kemampuan kantong masing-masing capeng sih ya. Heehehe. Tapi kalau saya dan cami sih, untuk gelas mug yagn harganya 15ribu rupiah per mug-nya itu....hmmmm... nggak masuk di-budget kami. 

Oke, udah ketok palu ya mau gelas aja suvenirnya. 
Tips sebelum hunting suvenir:
"Alangkah baiknya kalau para capeng menentukan dulu kandidat suvenirnya (misal: gelas, tempat tissue, dan small pouch), baru pergi hunting. Kalau tidak, mmm..hati-hati kebingungan di tempat suvenir ya karena saking banyaknya pilihan yang lucu dan bagus."


Mengenai tempatnya, ada dua tempat yang menarik perhatian saya berdasarkan rekomendasi teman:

1.  Alfiandra Souvenir

Banyak teman yang merekomendasikan Alfiandra Souvenir ini karena katanya murah dan banyak pilihan. Saya dan cami pun memutuskan untuk survei ke tempat itu. Kali pertama kami ke sana itu hari Kamis jam 17.30. Nunggu cami pulang kerja dulu. Eh, ternyata tutup. Sebel deh. Esoknya, saya ke sana jam 13.00 dan alhamdulillah buka. Ternyata kalau weekdays hanya sampai jam 17.00 bukanya. Kalau weekends sih sampai malam.

Begitu masuk, waw. Tokonya nyaman banget. Ber-AC. Kita disambut dengan sampel-sampel suvenir yang ada di rak-rak dan sudah dilabeli harganya. Langsung saja saya ke tempat gelas-gelas. Ya Allah, banyak banget pilihannya yah.. Bentuknya bagus-bagus pula. Berhubung saya sudah punya kriteria gelas yang diinginkan, ini membantu banget ya supaya saya nggak ngelirik-lirik suvenir yang lain.

Setiap gelas atau suvenir-suvernir lainnya sudah diberi label harga. Ada 2 harga yang dicantumkan:
  • Harga dengan bungkus tile
  • Harga dengan bungkus mika atau box (biasanya lebih mahal 1000 rupiah/item dari harga bungkus tile)
Berhubung ibu dan bapak camer inginnya sih pakai bungkus mika, jadi ya saya langsung lihat harga yang kedua saja. Siapkan kalkulator di hp untuk hitung-menghitung! Survei pertama ini saya cuma foto-foto kandidat gelas yang bagus-bagus saja. Lalu ditunjukkan pada ortu dan camer. T ak lupa juga saya cari info mengenai minimum pemesanan dan lama pemesanan.

Berdasarkan info dari mbak-mbak penjaganya, minimum pemesanan suvenir yang pakai cetak nama baik di suvenirnya atau di box-nya itu 300 pieces. Kalau suvenir yang tidak pakai cetak nama dan hanya dibungkus tile, contohnya tempat tissue (ada yang cetak nama, ada yang tidak) itu ready stock, bisa langsung dibawa pulang asalkan sudah dibayar dan minimum pemesanan 1 pack (isi 25-50 pieces).

Untuk waktu pemesanan, itu 3 bulan. Wah lama juga ya, mesti nunggu 3 bulan. Lalu kalau kita mau bawa desain sendiri, itu dikenakan biaya tambahan 50 ribu rupiah per desain. Maklum, saya dan cami suka menggambar-gambar. Pengennya sih pakai desain sendiri. Hehehe.

Alfiandra / Yana Souvenir
Jl. Cipinang Pulo RT 15/11 No. 11, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur 13410
Telp: (021) 98880301, 8561305, 85912177, 99616347










2. Pasar Jatinegara

Pasar jatinegara ini sudah terkenal dengan tempatnya suvenir. Dari luar pasar saja sudah kelihatan toko-toko suvenir. Saya pergi ke sini bersama ibu dan bapak camer. Langsung saja kami cus ke dalam pasarnya. Sebenarnya kurang nyaman sih tempatnya. Tapi yah mau gimana lagi. Pertama kami mendatangi toko suvenir. Kami lirik-lirik gelasnya dan ada yang masuk kriteria kami. Asiiik. Pas tanya harganya kalau pakai mika kok mahal ya 8500 rupiah. Kami coba tawar-tawar dengan berbagai silat lidah, turunnya cuma 500 rupiah, jadi 8 ribu rupiah. Ogah ah, kemahalan.

Kami lanjutkan perjalanan turun satu lantai. Kami berhenti di suatu toko yang punya gelas yang sama dengan yang kami lihat di atas tadi. Pas kami tanya harganya 8000 sudah emboss dan pakai mika. Wah, lebih murah yaaa. Belom ditawar padahal, akhirnya saya, bu camer dan pak camer mengeluarkan jurus tawar menawar... dan..... ketok palu harganya jatuh di 7000 rupiah per gelas. Waw. walaupun beda 1000 rupiah dengan toko yang tadi, tapi kalau dikali 500, bisa beda 500 ribu. Kalau dikali 1000, beda 1 juta. Mayan..mayan...

Setelah deal harga-harga, saya memilih desainnya. Sayang sekali toko ini tidak menerima desain pribadi. Sedih. Tapi desain dari sana juga sudah banyak sih. Setelah itu, lama pemesanan yang dijanjikan adalah 1 bulan. Malah dia bisa bikin 2 minggu. Subhanallaaaaah..
Akhirnya kami jadi juga memesan suvenir di toko ini. Satu ceklis nambah lagi, alhamdulillaaaaah.. 

Jadi, kesimpulannya sih, kalau menurut saya:
Alfiandra Souvenir
Positifnya itu:
  • Tempatnya adem, jadi lebih nyaman pas pilih-pilih suvenir,
  • Pilihan macam-macam suvenirnya sangat banyak di satu toko.
  • Bisa menerima desain sendiri dengan additional fee sebesar Rp. 50.000,- / desain.
Negatifnya itu:
  • Lama pemesanan 3 bulan,
  • Harga lebih mahal daripada Ps. Jatinegara,
Pasar Jatinegara
Positifnya itu:
  • Banyak pilihan, karena di Pasar Jatinegara itu tidak cuma 1 toko saja yang menjual macam-macam suvenir. Kalau tidak sreg di satu toko kita bisa pindah ke toko yang lain.
  • Harga lebih murah dari Alfiandra
  • Waktu pemesanan lebih cepat, rata-rata setiap toko menyanggupi 2 minggu selesai. 
 Negatifnya itu:
  • Yah, namanya ke pasar ya.. Umpel-umpelan, kurang nyaman. Tapi tergantung orang sih ya, ada juga yang nyaman-nyaman aja pergi ke pasar.
  • Kalau sebelumnya belum punya toko suvenir yang recommended di sini, itu bisa bakal makan waktu untuk cari-cari yang sreg. Kalau saya alhamdulillah sudah sreg di toko kedua, jadi tidak perlu keliling-keliling lagi mencari toko yang sreg.

Dan ternyata, untuk kartu ucapan "Terima kasih" yang biasa digantung di suvenir itu, mesennya bukan di tempat suvenir loh, tapi di tempat undangan.


Alright! Itu tadi pengalaman yang bisa saya bagi soal mencari-cari suvenir.

Assalammu'alaikum.. 



7 comments:

  1. Sis. Boleh minta nama toko & alamat tepatnya yang di jatinegara? Aku jg lagi cari souvenir. Thanks y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak.. Saya lupa-lupa alamat lengkapnya dimana, yang jelas nama tokonya itu IDOLA BARU. Jadi kalau masuk Ps. Jatinegara, langsung turun tangga 1x saja. tapi agak masuk ke dalam lagi.

      Semoga membantu yaa..

      terima kasih sudah mampir di blog saya..

      Delete
  2. maaf mba, itu 3 bulan banget mba? bukan 3 minggu?

    ReplyDelete

  3. HIS GRAND SLIPI hadir buat para calon pengantin yang masih bingung merencanakan/mempersipakan hari bahagia paling bersejarah mau mulai dari mana ? tak perlu bingung & khawatir buat mempersiapkan pernikahan yang simple tapi pastence kamu bisa dapetin wedding consultan yang professional untuk merencanakan hari bahagiamu, HIS GRAND SLIPI solusi terbaik buat kamu dan pasangan kamu yang sama ? sama sibuk kerja. Lokasi yang sangat strategis di Jl.Jend, S.Parman Kav. 22-24, Jakarta Selatan. #Maldives5d4nlogammulia10grtanpadiundi. More info _ozi : 0895 4103 28343

    ReplyDelete

  4. Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik seperti honeymoon ke Bali, romantic night di Padma Hotel, souvenir, logam mulia bahkan cashback langsung. Bonus-bonus tersebut bisa kamu dapatkan langsung tanpa diundi dan bisa dicustom sesukamu! Dapatkan informasi lengkapnya dengan mengklik https://bit.ly/2EmcD4X IG: @yesi.hisbalaisartika @his_balaisartika atau WA ke 085723503203 (Yesi).

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi akang dan teteh calon penganten Kota Bandung.

    Bagi akang teteh yang sedang mencari gedung penikahan, wedding organizer, dan ingin mendapatkan vendor-vendor terbaik di Kota Bandung tidak perlu khawatir karena aku dari HIS Balai Sartika Convention Hall akan membantu keinginan akang dan teteh untuk menciptakan pernikahan impian akang dan teteh nih. Di HIS Balai Sartika Convention Hall sekarang sudah One Stop Wedding Service yang dimana nanti mulai pre wedding, wedding day, dan post wedding akan ada yang membantu dan memberikan saran untuk pernikahannya teteh dan akan ada pendampingan hingga acara pernikahannya. Akang dan teteh bisa menentukan vendor-vendor yang di dinginkan nanti akan aku kasih referensi nya.

    Di HIS Balai Sartika sudah full carpet, Lokasi yang sangat strategis dekat dengan Tol Buah Batu dan Moh.toha, AC nya pun sudah centaral, terdapat 4 ruang rias (2 VIP makeup room), kapasitasnya pun hingga 2000pax, untuk parkir kendaraan mencapai 600 kendaraan. Hanya dengan BOOKING 5JUTA akang dan teteh bisa mendapatkan bonus UMRAH untuk 2 orang atau Honeymoon ke MALDIVES selama 5 Hari 4 Malam!!!

    Ingin mendapatkan info selanjutnya ? Langsung hubungi aja ke :
    ROSIANTI,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosianti.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  6. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering - Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete