Saturday, May 20, 2017

[My Wedding Preparation] Survei Chikal Primarasa Catering & Wedding Organizer (Part 2)


Assalammu'alaikum para capeng...

Gimana kabarnya? Semoga selalu semangat yaaa.. 

Saya masih berusaha semangat untuk menulis ulasan persiapan pernikahan saya. Sebenarnya yang memotivasi saya untuk menulis ulasan persiapan pernikahan adalah perasaan ketidak tahuan saya tentang persiapan pernikahan ketika saya masih menjadi capeng. Saya rajin-rajin baca blog orang tentang persiapan pernikahan mereka. Dan saya sangat berterima kasih kepada orang-orang yang menyempatkan menuliskan ulasan tentang persiapan pernikahan mereka. Terima kasih yaaa.. Info dari blog kamu sangat membantu.

Dengan itu lah, saya berharap blog saya ini juga turut membantu para capeng dalam mempersiapkan pernikahannya.

Masih lanjut soal Chikal Primarasa, vendor yang saya percayakan untuk mengurusi sebagian besar persiapan pernikahan saya.


Balik lagi ya, mengapa saya akhirnya memilih vendor yang menyediakan paket all in one, bisa klik di sini untuk melihat ulasannya.

Setelah beberapa pertemuan dengan Chikal yang saya jabarkan pada ulasan Part I, masih ada beberapa pertemuan lagi yang akan saya jabarkan.

Saya bolak-balik ke Chikal ini lumayan sering. Mungkin sekitar 7 kali. Banyak banget yaaa.. Hahaha..

Setelah nikah itu saya 2x ke sana. Jadi sebelum nikah kira-kira 5 kali ke sana.

Dari 5 kali saya ke sana sebelum menikah, saya ketemu bu Sri cuma sekali, yaitu saat ke 4 kalinya ke Chikal.

Singkat cerita kedatangan saya ke Chikal sebelum nikah:

  • Kedatangan 1: Survei harga paket
  • Kedatangan 2: Mulai pilih-pilih desain pelaminan, standing flower, meja buffe utama, hingga pilih-pilih baju pengantin dan keluarga.
  • Kedatangan 3: Nemenin calon suami pilih baju (karena pas kedatangan kedua doi lagi kerja)
  • Kedatangan 4: Fiksasi desain dan menu makanan
  • Kedatangan 5: briefing dengan PIC dari Chikal dan fitting baju terakhir 

So far sih saya merasa tidak ada masalah yaaa dengan Chikal. Berikut ini rangkuman saya tentang kedatangan ke 3-5 ke Chikal.

Kedatangan ke-3
"All about make up and dresses"

Ini sebentar banget datengnya. Sore-sore pula pas weekday. Cuma fitting baju cami aja. Sama ini nih yang agak ribet. saya tidak pake bridal make-up dari Chikal. Saya kan cuma pakai baju pengantin tanpa make up. Nah waktu itu ditawarin, mau dibawain aksesoris dari Chikal atau tidak?

Akhirnya saya tanya ke MUA saya, mbak Nabilah, dan beliau bilang disuruh bawa aja semua aksesoris yang disediakan Chikal. 
Okay, noted!

Berhubung saya temanya nasional, bukan tema adat, jadi aksesoris bunga dari chikal adalah bunga mawar. Bukan bunga melati. Tapi saya maunya melati tuh, hahaha. Akhirnya saya nego, eh boleh ternyata kalo minta melati.
Sip..sippp..

Jeng-jeng.. Ini lah baju yang mau kami pakai pas resepsi.

Ini si cami

Kalau baju untuk cami, karena badannya besar, baju pasangan dari baju yang mau saya pakai malah tidak muat. Akhirnya cari-cari baju silver. Ada 2 pilihan baju silver. Yang pertama yang kancingnya bisa ditutup (kayak pakai kemeja gitu), yang kedua itu model baju luarnya tanpa kancing, tapi di dalamnya pakai semacam kemeja tapi lengan buntung warna maroon.

Kami pilih yang kedua, karena jadi ada 2 warna, maroon dan silver.

Iseng-iseng cari di instagram chikal (@sanggarchikal), ternyata ada nih pengantin yang pake baju ini.




Kedatangan ke 4
"All about decoration and catering menu"

Kedatangan ke 4 ini saat tanggal merah ya. Jadilah ampun-ampunan ramenya. Untungnya datengnya agak pagian. Hari itu saya datang untuk fiksasi desain. Dalam artian selain memilih model, tema dan warna bunga juga disampaikan. 

Namun, kalau sekitanya detail sekali, orang Chikalnya akan langsung memberi tahukan ke kita bahwa untuk hal-hal detail sebaiknya disampaikan ke PIC langsung. Sementara PIC baru diberitahu H-14 hari.

Okelah.

Nah pas masih nunggu giliran nomor, saya lihat bu Sri datang! Yeay. Finally, setelah 3x ke sini yang ke 4 baru ketemu ibu Sri. Bu Sri terlihat sibuk keliling bergantian di meja customer service, menyapa dan mengobrol dengan para customer.

Tibalah giliran saya. Nah..

Jadi sebelumnya saya sudah menentukan desain pelaminannya saja, tetapi desain kanopi selamat datang, pergola dsb belum dibicarakan.

1. Desain pelaminan

http://www.chikalsjsp.net
Saya suka sekali desain pelaminan yang ini. Terkesan mewah. Berhubung tempat yang ingin saya pakai (Graha Marinir), pelaminannya tidak seluas pelaminan di gambar atas itu. Jadi palingan pelaminannya hanya bisa dibagi 3 bagian saja. Kalau di gambar atas kan 5 bagian.

But it's okay.

Lalu untuk temanya, SILVER AND PINK!! Yeay! Berhubung baju kami tadi warna maroon dan silver, temanya bukan maroon silver, tetapi pink silver. Mengapa? Karena saya ingin pengantin terlihat mencolok. Jadi tidak boleh ada warna di dekorasi yang berwarna maroon.

Yang saya kurang suka dari desain pelaminan di atas adalah adanya daun yang menjuntai-juntai pada background bunga di belakang tempat duduk pengantin itu. Risih ngeliatnya. Lalu saya request boleh atau tidak itu daunnya tidak usah dipakai. Boleh, tapi... Bilangnya langsung ke PIC..

2. Desain meja buffe

Untuk desain meja buffe ini, kebanyakan orang yang pakai tema PINK SILVER pasti deh warna kain ornamennya silver, lalu yang menjuntai ke bawah kainnya warna pink. Bener ga?

Maka dari itu, saya mencoba anti mainstream dengan membalik warnanya. Jadi kain ornamennya warna pink, yang menjuntai ke lantai warna silver.


Bener kaaaan? Itu contoh yang kain ornamennya warna silver.

3. Kanopi selamat datang

Sudah tau belum yang namanya kanopi selamat datang yang mana? 
Coba perhatikan kalau datang kondangan, begitu tandatangan buku tamu kan kita masuk ke dalam gedungnya ya. Lihat ada seperti tenda kecil di depan jalan masuknya? Nah itu namanya kanopi selamat datang.

Foto ini saya ambil dari buku album di Chikal

Coba lihat itu di bagian atas tengah-tengah dari kanopinya ada bunga-bunga ornamen warna pink keunguan yang menjuntai-juntai? Itu namanya bunga juntai. Kalau mau pakai bunga juntai, ada biaya tambahan yang harus dibayar, yaitu sebesar 500 ribu rupiah. Duit lagi duit lagi yaaa.. 

4. Karpet jalan

Kalau diperhatikan, dari pintu masuk sampai menuju pelaminan, itu kan ada karpet merah ya.. Nah karpet yang udah masuk ke paket itu hanya karpet merah biasa. Terus waktu itu saya lihat di nikahan kakaknya cami, itu karpetnya ada yang bunga-bunga loh.. Jadi kalau jalan di karpet itu seperti lagi jalan di antara bunga-bunga. Cantiiiik banget. Pas tanya ke Chikal. Kalau mau pake karpet yang itu, biaya tambahannya 1,5 juta.. Whattt??

http://www.chikalsjsp.net
Bagus banget kaaaaan.  Kaaaaaaannn... Hiksss...
Pakai karpet biasa aja deh..

5. Pergola selamat datang

Pergola itu karangan bunga yang bentuknya melengkung. Biasanya letaknya setelah kanopi selamat datang. Di paket, pergola yang tersedia cuma pergola untuk pintu masuk VIP. Kalau pergola selamat datangnya belum masuk paket. Biaya tambahannya 500 ribu.  Ya Allahhh ada lagi..


Foto ini saya ambil dari buku album Chikal

Nah itu yang namanya pergola. Di bagian atas foto itu pergola untuk pintu masuk VIP. Di bagian bawah foto itu pergola selamat datang. 

6. Standing flower

Di paket Chikal itu sudah tertera berapa jumlah standing flower baik di pelaminan maupun di dekat kanopi selamat datang dan di pergola. Silakan cek masing-masing paketnya, dapat berapa standing flower. Standing flower ini modelnya lumayan banyak ya di Chikal. Tapi yang saya suka itu 2, yaitu model guci dan lampu cabang.

Untuk di pelaminan, saya akan pakai yang model lampu cabang. Yang di dekat kanopi selamat datang, saya pakai lampu cabang dan guci.

Model guci dan lampu cabang
Ini contoh model guci dan lampion gantung

7. Dokasi desserts

Ini juga bentuknya macem-macem sampai bingung milihnya. Ada yang model air terjun, ada yang model standing flower, dan lainnya.

Dekorasi desserts

Setelah beres membicarakan soal dekor, kami pindah topik ke menu makanan. Sudah tau kan kalau menunya boleh diganti-ganti. Tetapi harga per porsinya harus sama. Misalnya somay harga satu porsinya 12.500 tidak bisa diganti dimsum yang harganya 15.000 per porsi. Bisa sih. Tapi nambah bayar. Tinggal pilih aja.. 

Pas kami lagi membicarakan soal menu makan, tadinya sih pengen ganti somay jadi dimsum. Trus bu Sri dateng! Lucky! Alhamdulillah..

Lalu kami rencananya minta diskon sama bu Sri supaya somay bisa diganti dimsum tanpa bayar lagi.  Ehehehe.. Ya namanya juga usaha.. Sebenarnya sih nomboknya 500 ribu.. Masa sih ga boleh diskon. Kami belom dikasih diskon apa-apa nih.  Ehehehe..

Bu Sri ternyata ga bisa ngasih diskon somay diganti dimsum. Hiks.
Tapiiiii..
Bu Sri menyarankan supaya jangan pakai dimsum di menu pondokan kita. Karena nanti cepat habis, tapi tidak mengenyangkan.

Akhirnya bu Sri menyarankan supaya somay tetap saja somay atau diganti dengan yang harganya sama. Tapi bu Sri kasih tambahan 100 porsi untuk pasta. Memang sih saya ada pilihan menu pasta di pondokan sebanyak 200 porsi dan bu Sri mau nambahin 100 porsi. Aaaaa.. Alhamdulillah.. Jadi ada 300 porsi pasta. Nah bu Sri juga menyarankan supaya 300 porsi pasta itu dibagi ke 2 jenis pasta. Jadi 150 lasagna, 150 macaroni skutel misalnya..

Aaaa makasih bu Sri. 

Lalu obrolan pun berlanjut. Bu Sri mengecek layar komputer CS dan ibu Sri bilang langsung ke pegawainya bahwa dekorasi dessertsnya diganti sama yang paling bagus. Pas kami konfirmasi apakah pergola dan bunga juntai harus bayar lagi, bu Sri cuma senyum dan bilang ke pegawainya supaya kasih pergola dan bunga juntai. Si pegawai pun langsung mencatat di komputernya.

Lalu bu Sri pun menambahkan supaya pakai desain penerima tamu yang bagus. Bukan yang standar. FYI, desain area penerima tamu itu kalau yang standar, yang dihias hanya meja penerima tamu dan kotak. Kalau yang bagus itu, bagian atap dan belakang mejanya juga dihias pakai kain-kain gitu.

Contoh desain penerima tamu yang bagus

Aaaaaa pokoknya aku padamu lah ibu Sriii.. Makasih banyak udah kasih kami tambahan ini ituu..
Semoga Chikal makin banyak peminatnya ya Bu.. Dan makin suksessss...

Okey.. 
Untuk kedatangan ke 5 saya post lain hari yaaa..

Oiya, kalau mau lihat persiapan pernikahan saya yang lain silakan klik di halaman navigation.

See you..
Assalammu'alaikum






















6 comments:

  1. Mba mau boleh nanya ambil paket yang brp?

    ReplyDelete
  2. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    ReplyDelete
  3. Saya juga pakai Chikal Catering untuk acara pernikahan 18 Agustus 2018 kemarin. Alhamdulillah Chikal sangat membantu dengan all in package nya. Jadi hanya perlu 1 pintu sudah mencakup semuanya. Saya puas dengan service nya. Sangat fleksible, ga pelit kasih bonus, makanannya banyak pujian dari teman&tamu, dekornya sesuai pilihan. Benar2 bersyukur ga salah pilih.

    Saya ambil paket 1000 tamu. Tidak ada yang saya kurangi dari paket. Saya justru tambah video dan foto dari luar Chikal. Saya pakai jasa @bright_pict. Video nya cinematic, fotonya jg ciamik banget. Alhamdulillah bs mengobati foto video yang dari catering. Karena kalian pasti tau kl dokumentasi dari catering ga bisa berharap banyak. Apalagi macam foto video di instagram huhu..

    Siapa tau kalian juga mau kepo untuk foto video, nih saya kasih kontaknya Toni 0812.8214.5050.

    Indahnya berbagi :)

    ReplyDelete
  4. Halo mba boleh minta PL chikal? Claradithaputririanta43401@gmail.com
    Terimakasih 😊

    ReplyDelete
  5. Hallo Akang dan Teteh yang lagi nyari gedung dan lainnya untuk persiapan pernikahan jangan khawatir dan ga usah bingung karna ada HIS Balai Sartika yang memberi solusi kegundahanmu dengan gedung yg sudah berkarpet dan Full AC Central ditambah dengan sentuhan Rekanan Vendor-Vendor yg sudah Ternama di Bandung dijamin Pernikahan Akang dan Teteh akan menjadi pernikahan yg berkesan nantinya dan yang terpenting Bonus LOGAM MULIA buat Akang dan Teteh yg BOOKING sebelum tgl 24 Maret 2019 ONLY RP 5.000.000 dimana lagi kalian bisa BOOKING dgn harga 5juta udah dapet semuanya kalo bukan di HIS BALAI SARTIKA jadi Tunggu Apalagi Sebelum Keabisan tgl dan Bonusnya Caranya Gampang Hubungi aku WA 087804563524 (dhiny) kepoin juga instagramnya hi_balai sartika email dhiny.hiscorp@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Hallo calon pengantin yang lagi siapin pernikahan tapi bingung apa dulu yg mesti disiapin duluan langsung dateng aja ke HIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL BDG karna disini kamu bakalan dapetin semua pernikahan impian kamu karna di HIS BALAI SARTIKA semua yg kamu mau udah tersedia mulai dari gedung yg udah FULL CARPET DAN FULL AC CENTRAL dan WEDDING PACKAGE dgn vendor-vendor ternama yg ada di bdg selain itu khusus bulan JUNI, JULI, AGUSTUS, OKTOBER kalian bisa dapetin juga cash back sampe 25 juta buat dapetin nya calon pengantin hubungi aja DINI (087804563524) WA fast respon wujudkan impian pernikahan kamu di HIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL BDG

    ReplyDelete