Friday, December 5, 2014

Nyeri di Bagian Dada? Serangan Jantung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)?


Berangkat dari pengalaman pribadi, saya menulis post ini.

Pernahkah Anda mengalami sakit di bagian dada kiri?
Banyak orang berpendapat bahwa sakit di bagian dada kiri itu identik dengan serangan jantung.
Banyak pasien yang dilarikan ke UGD dengan keluhan nyeri di bagian dada, tetapi tidak semuanya merupakan serangan jantung.





GERD atau dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease, adalah salah satu penyakit digestif (saluran cerna). GERD terjadi akibat adanya reluks dari asam lambung. Lambung memiliki dua katub (sphincter) yang berfungsi mencegah isi lambung keluar dari lambung. Kedua katub tersebut terletak di bagian atas dan bagian bawah lambung. Katub bagian atas (esophageal sphincter) adalah katub yang terletak dekat esofagus. Fungsinya mencegah isi lambung keluar ke esofagus. Katub bagian bawah (sphincter pylorus) adalah katub yang terletak di dekat usus. Fungsinya mencegah isi lambung keluar ke usus (Gambar 1).

Gambar 1. Dua katub pada lambung
(Sumber: http://www.chw.org/)


Pada GERD, katub bagian atas menjadi longgar sehingga isi lambung bergerak keluar lambung menuju esofagus (refluks). Berbahaya kah?

Kita tahu bahwa lambung kita menghasilkan asam lambung (suatu zat yang bersifat asam kuat dengan nilai pH yang rendah). Sel-sel pada dinding lambung telah teradaptasi sehingga asam lambung tidak akan melukai sel-sel tersebut.

Lain cerita apa bila asam lambung naik ke esofagus. Sel-sel esofagus tidak tahan dengan asam lambung sehingga menyebabkan iritasi atau bahkan luka. Pada kasus seperti itu, pasien akan mengalami heartburn, yaitu sensasi panas terbakar pada daerah sekitar jantung (Gambar 2).

Gambar 2. Sensasi heartburn akibat refluks asam lambung ke esofagus
(Sumber: http://www.acidrefluxrelief.org/)

Gejala berupa heartburn inilah yang sering kali menjadi kesalahpahaman antara GERD dan serangan jantung.

Lalu bagaimana membedakan heartburn dan serangan jantung?
Next posting will discuss about the differences between heartburn and heart attack (see here). Stay tune :)

Referensi:

  1. http://www.chw.org/medical-care/gastroenterology-and-hepatology-program/conditions/gastroesophageal-reflux-disease-gerd/
  2. http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyDietGoals/Heartburn-or-heart-attack_UCM_457019_Article.jsp#


No comments:

Post a Comment