Thursday, May 12, 2016

Tips-tips Memilih Gedung Resepsi

Sumber
Waaah, setelah saya mulai nge-share tentang pernikahan, blog saya jadi ramai ya. Tandanya saya punya banyak teman seperjuangan nih.

Hey bride-to-be, how is your wedding preparation?

Setelah saya menjabarkan secara keseluruhan dari poin-poin persiapan pernikahan (klik di sini), saya sekarang mau cerita sedikit, berdasarkan pengalaman saya, tentang tips-tips memilih gedung. Yuk simak...



Tips #1. Pilihlah gedung dengan harga sewa sesuai budget
Percayalah sesungguhnya harga sewa gedung-nya SAJA, masih belum apa-apa jika sudah ditambah charge ini itu. Charge-nya saja mungkin bisa mencapai 50% dari harga sewa gedung, atau mungkin 2x lipat harga gedung.

Tips #2. Lokasi mudah diakses dan strategis
Ketika harga sewa sudah dinyatakan sesuai budget, selanjutnya yang perlu kita pertimbangkan adalah lokasi gedung tersebut. Alangkah baiknya jika kita melihat dari sisi tamu kita. Kalau aksesnya agak susah pasti menyulitkan pula bagi tamu-tamu kita. Tidak hanya mudah diakses, tetapi juga kita perlu mempertimbangkan kemacetan pula.

Tips #3. Rekanan Katering
Yap, ini perlu sekali dipertimbangan. Pasalnya, charge yang dikenakan dari pihak gedung kepada pihak katering yang rekanan dan non rekanan akan berbeda sekali. Mengingat katering ini menghabiskan kurang lebih setengah dari budget pernikahan kita, kebayang dong ya kalau katering kita dikenakan charge 25%? Waaaw....

Dari hasil survei kecil-kecilan yang saya lakukan, charge dari gedung untuk vendor katering rekanan biasanya 10%--15%, sedangkan kalau tidak rekanan biasanya 25%--30%. Jadi penting sih menurut saya untuk mencari gedung yang rekanan kateringnya banyak. Jadi kita banyak pilihan untuk kateringnya.

Jika sudah ada lirikan katering yang sreg, saran saya adalah tanyakan ke pihak kateringnya, gedung mana saja yang sudah jadi rekanannya. Jadi kita bisa pilih gedung dari list gedung rekanan. Saya pun begitu. Saya sudah sreg dan yakin banget mau pakai Chikal Catering, saya minta list gedung rekanan Chikal via email. Dari list tersebut saya coba lihat gedung mana yang sesuai budget dan available di tanggal yang saya mau.

Tips #4. Charge ini itu
Charge ini itu mungkin harganya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan harga charge katering, tapi kalau digabung-gabung kok lama-lama besar yaaa.. Apa saja sih yang termasuk charge ini itu?
Yang pertama adalah charge akad (apabila melakukan akad di gedung), charge-nya bermacam-macam harganya tergantung masing-masing gedung. Berkisar 500 ribu hingga 2 juta. Mungkin bisa lebih, tergantung gedung apa. Yang kedua adalah charge parkir (kalau ada). Ketika sudah membayar charge parkir ini, biasanya tamu kita tidak usah membayar parkir lagi saat hari H. Yang ketiga adalah charge hiburan. Ini berkaitan dengan listrik dan sound system. Kalau harga sewa gedung sudah termasuk listrik dan sound system dalam fasilitasnya, maka beruntunglah kalian. Hehehe. Yang keempat ada charge mengurus izin keramaian. Untuk mengurus izin keramaian, kita harus mendatangi kantor polisi. Namun, bila kita sibuk, pihak gedung bisa menggantikan kita untuk mengurus surat izin keramaian. Tapi ya itu, kena charge.

Tips #5. Kapasitas gedung
Ini perlu disesuaikan dengan jumlah undangan kita. Kalau kapasitasnya maksimal 1200 orang (kalau semuanya berdiri, tidak ada yang duduk) maka sebaiknya jangan di-pas 1200 orang. Akan terasa sesak sekali pastinya. Tamu pun akan menjadi kurang nyaman.


Tips #6. Air conditioner (AC)
Sekilas terlihat sepele yaa, kok memperhatikan AC segala. Apa sih yang salah dengan AC? Ketika memilih gedung, kita mesti tanya AC-nya model apa? Apakah AC dinding atau standing AC? Untuk AC, saya lebih prefer AC yang nempel di dinding. Kenapa? AC yang menempel di dinding akan lebih merata sirkulasi udaranya. Kalau standing AC, AC-nya berada di lantai. Ketika kondisi ruangan mulai banyak orang, sirkulasi udara dari AC kurang merata. Hanya yang di dekat AC yang dingin, sementara di tengah ruangan (biasanya standing AC dipasang di pinggir) akan terasa kurang sejuk. Jangan lupa tanyakan juga, berapa unit AC yang disediakan yaaa..

Tips #7. Ceiling/Plafon
Sekilas melihat sih nggak masalah ya sepertinya mau ceiling tinggi atau rendah. Yang kita perlu lihat dari ceiling ini adalah: ceiling yang rendah akan membuat tamu-tamu merasa lebih sumpek apa bila terlalu banyak orang. Selain itu, terkait soal dekorasi. Ceiling rendah membuat dekorasi pelaminan terbatas. Sudah jelas pula kalau ceiling rendah, kita tidak bisa pakai bagonjong untuk dekorasi adat.

Kira-kira itu sih tips dari saya. Kalau para bride-to-be punya tips yang lain dalam memilih gedung, boleh dong di-share di komentar.



8 comments:

  1. Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Dengan konsep One Stop Wedding Service, kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya. Keuntungan One Stop Wedding Service yang ditawarkan ini antara lain:

    1. Tidak repot dalam memilih, menghubungi dan tidak repot untuk tawar-menawar harga lagi dengan vendor.
    2. Selain mendapatkan Wedding Organizer yang profesional Akang & Teteh juga mendapatkan wedding consultant yang siap menghandle seluruh persiapan kak menuju hari-H
    3. Kualitas gedung & pilihan vendor premium di kota Bandung yang bisa Akang & Teteh pilih
    4. Paket sudah mengcover seluruh kebutuhan Akang & Teteh

    Dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan Akang & Teteh kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan Akang & Teteh mulai dari:

    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:

    1. Gedung Full Carpet
    2. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan blower di setiap titik
    3. Lampu kristal
    4. Terdapat 4 ruang rias full renovasi dan
    5. Kursi 200 Buah & sudah termasuk listrik 15.000 watt
    6. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    7. Security, area parkir luas dan akses tol & jalan yang mudah
    8. Jumlah porsi catering 1000 pax ataupun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan
    9. Paket fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan calon pengantin
    Contact Person Zulfa 089611648377 (Fast Respon)

    ReplyDelete
  2. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Oktober
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete
  3. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Oktober 2017!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete
  4. Dear groom & bride to be..
    Cari gedung pernikahan di bandung dan di tengah kota?
    Ga mau ribet urusin pernikahan?
    Punya konsep pernikahan yang ELEGANT & MEWAH?
    HIS Wedding & Organizer solusinya.
    Karena kami menghadirkan Gedung Convention Hall Rasa Hotel yang FULL CARPET & FULL AC yaitu BALAI SARTIKA CONVENTION HALL.
    Kita menyediakan PAKET ALL IN PACKAGE agar lebih praktis dan bekerjasama dengan VENDOR TERNAMA DI KOTA BANDUNG.

    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Wedding Consultant
    2. 8 Wedding Organizer

    Fasilitas :
    1. Venue FULL CARPET di Balai Sartika Convention Hall
    - AC Central | Standing AC | FAsilitas gedung sudah tercover
    2. Catering - Bebas memilih Vendor
    3. Dekorasi All Area - Bebas memilih Vendor
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih Vendor
    5. Dokumentasi *Prewed-Siraman&Pengajian-Akad-Resepsi* - Bebas memilih Vendor
    6. Music Entertainment - Bebas memilih Vendor
    7. Upacara Adat - Bebas memilih Vendor
    8. MC *Akad-Resepsi*
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian
    10. Wedding Organizer (WO)
    11. BONUS COFFEE BREAK
    PROMO DESEMBER :
    BONUS HONEYMOON BALI PRIME 3D2N & PERHIASAN FRANK N CO
    Mau tanya-tanya boleh langsung hubungi Natasha 0812 2372 0712 (Fast Respon)

    ReplyDelete
  5. Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Dengan konsep One Stop Wedding Service, kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya. Keuntungan One Stop Wedding Service yang ditawarkan ini antara lain:
    1. Tidak repot dalam memilih, menghubungi dan tidak repot untuk tawar-menawar harga lagi dengan vendor.
    2. Selain mendapatkan Wedding Organizer yang profesional Akang & Teteh juga mendapatkan wedding consultant yang siap menghandle seluruh persiapan kak menuju hari-H
    3. Kualitas gedung & pilihan vendor premium di kota Bandung yang bisa Akang & Teteh pilih
    4. Paket sudah mengcover seluruh kebutuhan Akang & Teteh

    Dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan Akang & Teteh kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan Akang & Teteh mulai dari:

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Gedung Full Carpet
    2. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan blower di setiap titik
    3. Lampu kristal
    4. Terdapat 4 ruang rias full renovasi dan
    5. Kursi 200 Buah & sudah termasuk listrik 15.000 watt
    6. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    7. Security, area parkir luas dan akses tol & jalan yang mudah
    8. Jumlah porsi catering 1000 pax ataupun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan
    9. Paket fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan calon pengantin
    untuk info lebih lanjut hub Zulfa 089611648377 (Fast Respon)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kepada Teteh & Akang Calon Pengantin

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer ingin menawarkan Balai Sartika Convention Hall dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Balai Sartika Convention Hall :

    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Selain itu, Kami pun memberikan beberapa fasilitas untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, yaitu :
    Wedding Organizer
    Wedding Consultant
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Untuk informasi lebih lanjut silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 085624295686 (oci). Selain itu kita juga ada special promo loh, yuk segera hubungi HIS Balai Sartika Convention Hall.

    ReplyDelete
  7. Hallo Para Calon Pengantin

    Lagi Merencanakan Pernikahan dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan yang elegant di kota Bandung? HIS Balai Sartika merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan tentunya vendor premium di Kota Bandung!
    Special Booking di Bulan April Cash Back Rp. 20.000.000 !!!
    More Info Zulfa 0896-1164-8377
    instagram : @his_balaisartika

    ReplyDelete
  8. Dear Calon Pengantin,
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Ballroom Full Carpet
    AC Central + 10 Standing AC
    Ceiling tinggi di 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    Area Parkir Luas
    Free Parkir untuk Tamu Undangan
    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    Wedding Organizer Profesional
    Wedding Consultant & Wedding Planner
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 082218073807

    ReplyDelete