Sunday, May 14, 2017

[My Wedding Preparation] Mencoba Clear Face Treatment Series-nya Sebamed untuk Lawan Jerawat yang Melanda di Kala Stres Persiapan Nikah

Assalammu'alaikum wr.wb.

Hai, para capeng dan calon capeng.. Eaaaa....

Saya mau berbagi sedikit cerita atau pengalaman yang saya alami di sela-sela persiapan pernikahan.
Apa yaaaa itu?

Apa lagi kalau bukan J-E-R-A-W-A-T!!


(Sumber)
Biar saya beri pendahuluan terlebih dahulu.

Singkat cerita, beberapa bulan terakhir sebelum menikah, agenda saya sangat padat, bahkan cukup menyita energi. Hari-hari dipenuhi dengan sleepless night, alias begadang mulu.
  • Desember 2015, saya seminar hasil penelitian 
  • Desember 2015-Maret 2016, saya menulis tesis. Ini adalah hari-hari tanpa tidur yang saya lalui. Bahkan saya pernah 3 hari tidak tidur karena mengejar deadline tesis. 
  • Maret 2016, saya sidang tesis.
Memang sih dulu saya pernah jerawatan parah karena saya pulang dari hutan, dimana kamar mandi susah, jadi kalau malam jarang cuci muka, dan siang tidak pakai sunblock. Pulang dari hutan saya langsung menyambangi poliklinik Kulit dan Kelamin di RSCM. Konsul dengan dokter spKK, sub spesialis dermatologi kosmetik. Saya pun memulai perawatan.

Ketika ada tanda-tanda hubungan saya dengan calon suami akan segera ke arah pernikahan, saya stop perawatan karena sewaktu itu dokter spKK saya berpesan bahwa 6 bulan sebelum saya berencana hamil, sebaiknya obatnya di stop terlebih dahulu. Terutama krim pagi dan malam. Krim pagi saya mengandung AHA, walaupun konsentrasinya sedikit, tapi tetap saya tujuannya untuk meregenerasi kulit. Sementara krim malam saya mengandung retinoic acid yang juga bisa menyebabkan cacat janin apabila digunakan oleh ibu hamil.

Kira-kira bulan Juli 2015 saya sudah stop pemakaian ibat dari dokter. Sabun muka saya ganti jadi sabun bayi, Zwitsal. Krim pagi tidak pakai, dan krim malam hanya diganti dengan olive oil.

Anehnya, saat periode saya begadang-begadang itu, wajah saya tidak banyak tumbuh jerawat. Paling hanya 1-2 jerawat sebelum menstruasi, yang saya anggap itu biasa. Apa mungkin karena udara di Bandung yang lebih sejuk dan bersih daripada udara di Jakarta. Lanjut lagi yaa...
  • 1 April 2016, saya wisuda. Setelah wisuda, saya lebih banyak menghabiskan waktu di Jakarta.
  • 3 April 2016, saya dilamar.
  • Hingga September 2016, saya menikah.
Permasalahan saya muncul setelah wisuda. Setelah lamaran, saya mulai intensif mempersiapkan pernikahan. Bukan apa-apa ya, waktunya tinggal 5 bulan lagi. Untuk persiapan acara pernikahan di Jakarta, 5 bulan itu termasuk sebentar. Apalagi kalau mau resepsi di gedung, biasanya DP gedung aja 1 tahun sebelumnya. 

Keanehan terjadi pada wajah saya. Wajah saya itu berminyak, jadi memang rentan berjerawat. Harus rajin-rajin cuci muka. Saya tandai sejak mulai persiapan pernikahan, tiba-tiba wajah saya dihinggapi jerawat-jerawat kecil, tapi banyak sekali di daerah dahi dan dagu. Huhuhuhu..

Banyak yang bilang, ya mungkin karena stres ngurusin nikahan.

Akhirnya saya mulai browsing-browsing sabun dan pelembab acne care, sekalian buat nanti sehabis nikah. Kan tidak mungkin selamanya wajah saya tidak diberi pelembab. Bisa rusak. Saya pun mencari acne care treatment yang ramah untuk ibu hamil. Ya, dihitung-hitung kalau seumpama Allah memberi saya kepercayaan untuk hamil setelah menikah nanti. Biar sekalian bisa dipakai sewaktu hamil.

Setelah saya baca beberapa blog ibu hamil, pilihan saya jatuh pada merk Sebamed. Banyak ibu-ibu hamil yang pakai Sebamed ketika jerawat menyerang saat hamil.


Produk-produk Sebamed ini dapat dibeli di toko obat seperti Century, Watson, ataupun Kimia Farma. Saya langsung meluncur ke toko obat dan memborong paket Clear Face untuk Acne Treatment Series.

Clear Face Series dari Sebamed meliputi:

  1. Cleansing Bar: sabun wajah batangan
  2. Cleansing Foam: sabun wajah foam
  3. Deep Cleansing Facial Toner: toner pembersih wajah
  4. Care Gel: pelembab berwarna bening yang digunakan pada pagi dan sore
  5. Anti-pimple Gel: gel yang ditutulkan pada daerah yang berjerawat saja. Sebenarnya anti-pimple gel ini ada 2 macam; yang berwarna bening atau berwarna coklat seperti warna foundation. Saya pilih yang bening.

Clear face treatment series ini lebih menekankan kepada pH produk yang berkisar 5,5 sehingga tergolong asam. Di saat sabun biasa, terutama sabun mandi sifatnya basa, atau sabun bayi yang pH balance, semua produk clear face Sebamed ini memiliki pH 5,5. Mengapa? dengan tujuan memberikan perlindungan pada kulit wajah dengan membentuk lapisan asam (acid mantle) supaya bakteri penyebab jerawat cepat mati dan tidak mudah hinggap lagi.


Ini Clear Face Series dari Sebamed yang saya beli.
Sayang sekali, cleansing foamnya lagi habis. Jadi saat itu cuma beli 4. Tapi setelah cari-cari di toko obat yang lain, alhamdulillah ada!

Yuk kita bahas satu-persatu.

1. Cleansing Bar dan Cleansing Foam

Cleansing bar
Sebenarnya cleansing bar dan cleansing foam sama-sama sabun wajah. Hanya teksturnya saja yang berbeda. Yang satu batang, yang satu berbentuk tabung semprot yang kalau ditekan keluar foam-nya. Mengapa saya beli keduanya, tidak hanya salah satunya?

Sebenarnya ini terkait harga sih. Hehehe. Harga cleansing foam-nya cukup mahal. Agak lupa, berapa pastinya tapi kisarannya itu 125 ribu--145 ribu. Daaaaan, lebih cepat habis. Apalagi kalau mencetnya nafsu banget. Aaaa tidak ada sebulan sudah habis.

Akhirnya saya combine dengan cleansing bar. Cleansing bar ini relatif lebih murah daripada cleansing foam. Harganya 95 ribu. Daaaan, lebih awet kalau dipakai. 

Lalu bagaimana mengombinasikannya?

Cleansing bar ini hanya saya pakai kalau di rumah. Jadi kalau cuci muka pagi dan malam hari di rumah, saya pakai ini. Sementara cleansing foam selalu saya taruh di tas saya dan saya bawa kemana pun saya pergi. Ke kampus, ke rumah kakak, ke mall, ke hutan, dsb. Jadi kalau mau cuci muka siang atau sore hari di luar rumah, saya pakai cleansing foam

Lumayan bisa menghemat ternyata.

Untuk cleansing foam-nya menyusul yah fotonya.. Ehehehe..


2. Deep Cleansing Facial Toner


Deep Cleansing Facial Toner
Sebenarnya saya juga bingung, toner ini dipakainya kapan ya? Pas saya baca di kotaknya tidak ada ketentuan kapan dipakainya. Apa saya ga lihat ya? tapi sepertinya ga ada sih..

Akhirnya saya pakai saja setiap mau cuci muka. Jadi jangan langsung cuci muka, tapi pakai toner dulu. Setelah itu baru deh cuci muka. Atau saya pakai kalau ingin membersihkan make up sehabis kondangan.

Cara pakainya? Sama dengan cara pakai toner-toner yang lain.


3. Care Gel

Yeay. Akhirnya pakai pelembaaaab. Care gel ini adalah gel pelembab bening. Dipakai paling tidak 2x sehari. Kalau saya selalu pakai setiap habis cuci muka, kecuali cuci muka malam hari. Setelah cuci muka, wajah akan terasa sangat kering karena sebum (minyak) di kulit tercuci semua sehingga penting sekali untuk pakai pelembab setelah cuci muka. Daaaan, setelah saya pakai beberapa kali, saya tarik kesimpulan bahwa cukup kita aplikasikan sedikit saja ke wajah. Kalau kebanyakan wajah bisa terlihat berminyak sekali. Paling tidak aplikasikan sedikit sampai kamu merasa wajah kamu cukup lembab. 

Selain itu, kalau kamu mengaplikasikannya sedikit-sedikit, bisa lebih irit kan.. Soalnya harga care gel ini lumayan mahal, yaitu 185 ribu rupiah.


Care Gel

4. Anti-pimple Gel

Gel ini adalah jagoan saya kalau setiap ada jerawat yang muncul di wajah. Gel yang saya pakai adalah gel yang bening. Saya aplikasikan gel ini setelah mengaplikasikan care gel. Aplikasikan cukup pada daerah yang berjerawat ataupun daerah yang berkomedo. Harganya lumayan sih, sekitar 100 ribu rupiah.

Anti-pimple gel

Jadi, kalau ditotal harga 1 paketnya bisa lebih dari 500 ribu rupiah. Tapi jangan khawatir. Saya mulai coba sebamed itu bulan Agustus 2016 hingga saat ini, dan rata-rata 1 produknya saya habiskan sekitar 3 bulan. Jadi sekitar 3 bulan sekali saya membeli paketnya. 

Tapi untuk anti-pimple gel ini lama pemakaian 1 produknya bergantung banyaknya daerah yang berjerawat. Saya pernah menghabiskan 1 anti-pimple gel dalam waktu 1 bulan karena jerawat saya lagi banyak. 

Tapi pernah juga 2 bulan atau 3 bulan kalau jerawat saya lagi sedikit.

Okey, sekian deh info sharing dari saya. Semoga bisa membantu mengobati kegalauan para capeng yang lagi berjuang mengusir jerawat-jerawat bandel.

Untuk melihat ulasan-ulasan persiapan pernikahan saya, silakan klik Wedding Preparation Navigation.

Thanks!

Assalammu'alaikum.


No comments:

Post a Comment